Jangan Sampai Salah, Inilah Tips Cepat Mengatasi Diare Pada Anak!

Jangan Sampai Salah, Inilah Tips Cepat Mengatasi Diare Pada Anak!
Minggu, Desember 22, 2019
Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang ditandai dengan keluarnya tinja cair secara terus menerus. Pada dasarnya ini merupakan cara tubuh membersihkan dari bakteri didalam, prosesnya berlangsung berhari-hari dan paling umum dialami oleh anak dewasa.

Umumnya diare yang terjadi pada anak itu bisa ditambah dengan beberapa ciri seperti demam, mual, muntah, kram sampai dengan dehidrasi. Inilah yang perlu dipahami oleh para orang tua agar anak terhindar dari dehidrasi akibat kurang cairan.

mengatasi diare anak
Diare pada anak acapkali membuat orang tua cemas dan panik. Namun, saat Anda dihadapi pada masalah tersebut, Anda tentunya harus paham apa yang mesti dilakukan terlebih dahulu, terutama dalam mengatasi diare anak melalui penanganan pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Pada dasarnya obat diare alami untuk dewasa ataupun anak-anak bisa digunakan dan bisa ditemukan secara mudah. Misalnya menggunakan daun jambu biji, tetapi beberapa orang lebih percaya dengan pengobatan yang modern.

Jika masalah diare tidak segera diatasi dan anak mengalami dehidrasi, bukan tidak mungkin anak akan mengalami masalah pada otak, kejang, bahkan paling parah kematian. Nah, sebelum terlambat Anda perlu pahami beberapa tanda anak mengalami dehidrasi parah seperti: 

  1. Kepala yang pusing, bahkan terasa berat sekali;
  2. Mulut kering dan lengket;
  3. Air seni berubah warna, umumnya mempunyai warna kuning gelap dan bahkan tidak keluar sama sekali;
  4. Kulit yang sangat kering dan dingin; dan
  5. Energi yang kurang.

Baik menggunakan obat diare pada anak alami resep dokter ataupun lainnya, yang paling penting orang tua paham cara mengatasi pertama kalinya. Misalnya saja menjaga anak agar tidak mengalami dehidrasi dengan selalu mengkonsumsi air mineral ataupun ASI. Selalu menjaga pola makan dengan kandungan banyak air yang bermanfaat untuk tubuh ataupun cara lainnya yang ampuh mengatasi masalah diare pada anak Anda. 

Jika memang merasa masih sangat khawatir dengan kondisi anak, tetap selalu lakukan konsultasi dengan dokter yang sudah ahli. Apalagi saat ini sudah ada layanan dokter secara online yang bisa Anda manfaatkan secara langsung.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan saran ataupun masukan lebih tepat untuk mengatasi buah hati yang sedang mengalami diare. Sekian, semoga sedikit tips diatas dapat membuat Anda sebagai orang tua sedikit tidak merasa khawatir.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sampai Salah, Inilah Tips Cepat Mengatasi Diare Pada Anak!"

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu didiskusikan. Jangan pernah gunakan ujaran kebencian, bullying, dan kalimat-kalimat yang mengandung unsur SARA!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel